LKMM-TD FAKULTAS TEKNIK UNLAM 2017 : LEADERSHIP AND ENTREPRENEURSHIP TALKSHOW, DAN FOCUS GROUP DISCUSSION



Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh
Semangat Pagi! Siapa kita? TEKNIK. Kembali lagi pada postingan terbaru saya ini yang akan menceritakan tentang pengalaman saya mengikuti LKMM-TD pada rangkaian acara yang ketiga, yaitu Talkshow dan Focus Group Discussion yang dilaksanakan pada Selasa, 21 Maret 2017 yang lalu.

Rangkaian kegiatan LKMM-TD kali ini dilaksanakan di gedung Bina Satria Banjarbaru. Ada beberapa narasumber untuk mengisi acara talkshow hari itu, diantaranya Walikota Banjarbaru, Bapak DRS. H. Nadjmi Adhani, M.Si dan Wakil Ketua VIII HIPMI Kal-Sel, Bapak Sudirwo, S.E. Namun tidak hanya dua narasumber itu saja, ada juga narasumber dari BNN Banjarbaru. Talkshow kepemimpinan dan kewirausahaan ini bertema : “Siapkan Dirimu untuk Menjadi Pemimpin yang Berintegritas Tinggi”.

Pertama-tama kedatangan narasumber disambut dengan tari tradisional. Dan talkshow pertama yaitu Leadership dengan narasumber Walikota Banjarbaru, Bapak DRS. H. Nadjmi Adhani, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa itu merupakan agent of change, penerus pembangunan, serta calon pemimpin masa depan. Beliau juga menyampaikan perbedaan antara pemimpin dengan boss, karakter pemimpin, dan ciri-ciri pemimpin yang baik.

Kemudian talkshow dilanjutkan narasumber dari BNN Banjarbaru dengan tema Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan Penanganan Penyalahguna / Pecandu Narkoba. Tidak banya hal yang disampaikan oleh BNN Banjarbaru karena keterbasan waktu.

Talkshow berikutnya yaitu tentang Euntrepreneurship dengan narasumber Wakil Ketua VIII HIPMI Kal-Sel, Bapak Sudirwo, S.E. Beliau menyampaikan ada 3 jenis pengusaha, yaitu by nasab (meneruskan usaha keluarga), by nasib (tidak mendapatkan kerja, di PHK, atau terpaksa), dan by design (pendidikan, lingkungan, dan organisasi seperti HIPMI).

HIPMI merupakan organisasi yang berdiri pada tanggal 12 Juni 1972. HIPMI memiliki program kerja unggulan yaitu :

1.                  Forum-forum dialog dan kajian.

2.                  Sistem-sistem registrasi nasional anggota HIPMI.

3.                  Indonesian Young Leader Forum (IYLF).

4.                  Diklat HIPMI dan Lemhanas.

5.                  Pengembangan jaringan di dalam dan luar negeri.

Dan ada sebuah quote :

Ide kreatif selayaknya segera diwujudkan secara nyata tanpa perlu mencari alasan.           – Eddy S. Marizar

Rangkaian acara berikutnya yaitu Focus Group Discussion dengan tema : “Mahasiswa Bukan Kertas Kosong”. Ada 6 hal yang diangkat dalam focus group discussion ini diantaranya :

1.                  Merokok menyebabkan kualitas anak bangsa menurun.

2.                  Mahasiswa akademik tidak memiliki kreasi apa-apa selain hanya IPK yang pantastik saja.

3.                  Kuliah sambal kerja.

4.                  Membuang sampah pada tempatnya masih menjadi kebiasaan yang susah untuk diterapkan.

5.                  Penggunaan internet sebagai bahan belajar yang lebih efektif dibandingkan buku.

6.                  Biaya UKT yang tinggi.

Setiap kelompok mengajukan 3 orang pembicara dan 12 orang pendukung. Dan ada beberapa peraturan yang telah ditentukan untuk kelancaran diskusi. Juga ada juri diantaranya, Bapak Nurhakim, Kak Rizkyna, dan Kak Maulana.

Setelah Focus Group Discussion berakhir, rangkaian LKMM-TD yang ketiga sudah selesai kami laksanakan sekitar pukul 17.00 WITA. Rangkaian acara yang selanjutnya akan kami ikuti yaitu Tabligh Akbar yang Insya Allah akan dilaksanakan pada Selasa, 04 April 2017 mendatang.
Semoga kami selalu diberikan kesehatan dan keselamatan agar kami, para peserta LKMM-TD dapat terus mengikuti seluruh rangkaian, suka, dan duka mengikuti LKMM-TD 2017 yang dilaksanakan oleh para panitia LKMM-TD 2017.
Mungkin hanya ini saja yang dapat saya ceritakan pada postingan saya kali ini. Terima kasih kepada yang telah membaca pengalaman saya pada setiap rangkaian acara LKMM-TD yang saya ikuti, dan mohon maaf bila ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Description: LKMM-TD FAKULTAS TEKNIK UNLAM 2017 : LEADERSHIP AND ENTREPRENEURSHIP TALKSHOW, DAN FOCUS GROUP DISCUSSION Rating: 4.5 Reviewer: Firdha Meliyanti ItemReviewed: LKMM-TD FAKULTAS TEKNIK UNLAM 2017 : LEADERSHIP AND ENTREPRENEURSHIP TALKSHOW, DAN FOCUS GROUP DISCUSSION
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: 17.17

0 komentar

Posting Komentar