LKMM-TD FAKULTAS TEKNIK UNLAM 2017 : HIMA DAY DAN PENGABDIAN MASYARAKAT




Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh
Semangat Pagi! Siapa kita? TEKNIK. Kembali lagi pada postingan terbaru saya ini yang akan menceritakan tentang pengalaman saya mengikuti LKMM-TD pada rangkaian acara yang kedua, yaitu HIMA Day dan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan pada Sabtu, 18 Maret 2017 yang lalu.
Pertama-tama, saya akan menceritakan hal yang tidak terduga yang terjadi pada pagi itu. Saya yang sudah bangun pada pukul 04.00 WITA, tidak sengaja tertidur kembali hingga pukul 05.47. Saya sangat terkejut, dengan tergesa-gesa saya pun bersiap-siap. Untung saja, barang bawaan dan perlengkapan saya sudah saya siapkan pada malam harinya.
Seperti pada rangkaian acara sebelumnya, kami diharuskan berkumpul sebelum jam 06.30, berbaris dengan rapi dan diperiksa kelengkapan atribut dan barang bawaan. Pada hari itu pakaian yang kami gunakan yaitu baju hitam, celana training, dan sepatu olahraga.
Rangkaian acara pertama yang kami ikuti pada hari itu yaitu HIMA DAY. HIMA DAY merupakan acara untuk mengenalkan Himpunan Mahasiswa masing-masing prodi dan ada beberapa penyampain materi yang bertujuan untuk menambah wawasan, kecakapan, dan etika kita kepada orang yang lebih tua, terutama kepada dosen.
Himpunan prodi saya, Teknik Sipil yaitu HMS (Himpunan Mahasiswa Sipil). HMS terdiri dari divisi inti dan 6 divisi lain yang mempunyai program kerja dan tujuan yang berbeda-beda. Perkenalan divisi yang dilakukan berbeda dari yang biasanya kami lakukan pada pertemuan-pertemuan dengan kakak-kakak HMS sebelumnya. Pada kali ini, kami dibagi menjadi 6 kelompok. Satu kelompok memegang satu divisi. Jadi, kami diperkenalkan dengan apa itu divisinya, koordinator, anggota, serta program kerjanya.
Saya tergabung di dalam kelompok 6 yang memegang Divisi 6, yaitu Divisi Produksi dan Usaha dengan koordinatornya yaitu kakak Rahmad Saufi, dan  memiliki 11 anggota. Program kerja yang dimiliki Divisi 6 bermacam-macam, namun program kerja yang paling unggul yaitu CafĂ© Kaget dan penyediaan alat-alat safety.
Rangkaian acara kedua pada hari itu yaitu Pengabdian Masyarakat. Di rangkaian acara ini, kami membersihkan daerah Sungai Kemuning. Baik sungainya maupun pinggiran sungai atau siringnya. Yang dibersihkan di sungainya yaitu sampah-sampah plastik serta ilalang yang tumbuh tinggi di tanah pinggir sungai. Sedangkan pada siring, kami membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh di antara rumput hias pad ataman siring itu. Juga menanam 6 buah bibit pohon di siring itu, dan meletakkan tempat sampah yang telah kami buat perkelompok.
Kami menuju daerah Sungai Kemuning itu dengan berjalan kaki bersama-sama. Cuaca pada hari itu cukup terik, sehinggan kami harus menggunakan topi agar tidak terlalu terpapar sinar matahari yang cukup menyilaukan. Namun cuaca panas tidak mengurangi kebersamaan kami disana. Sambil bergotong-royong membersihkan daerah Sungai Kemuning, kami juga bercanda ringan agar pekerjaan yang dilakukan tidak terasa membosankan. Setelah daerah itu dirasa sudah cukup bersih, kami semua kembali ke kampus. Cuaca yang pada awalnya sangat cerah, namun pada saat siang hari cuaca menjadi hujan yang sangat deras.
Setelah Pengabdian Masyarakat berakhir, rangkaian LKMM-TD yang kedua sudah selesai kami laksanakan sekitar pukul 13.00 WITA. Rangkaian acara yang selanjutnya akan kami ikuti yaitu Talkshow dan Fokus Diskusi Grup yang akan dilaksanakan pada Selasa, 21 Maret 2017 mendatang.
Semoga kami selalu diberikan kesehatan dan keselamatan agar kami, para peserta LKMM-TD dapat terus mengikuti seluruh rangkaian, suka, dan duka mengikuti LKMM-TD 2017 yang dilaksanakan oleh para panitia LKMM-TD 2017.
Ini saja yang dapat saya ceritakan pada postingan saya kali ini. Terima kasih kepada yang telah membaca pengalaman saya pada setiap rangkaian acara LKMM-TD yang saya ikuti, dan mohon maaf bila ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja. Sampai jumpa pada postingan pengalaman saya yang berikutnya.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Description: LKMM-TD FAKULTAS TEKNIK UNLAM 2017 : HIMA DAY DAN PENGABDIAN MASYARAKAT Rating: 4.5 Reviewer: Firdha Meliyanti ItemReviewed: LKMM-TD FAKULTAS TEKNIK UNLAM 2017 : HIMA DAY DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: 09.11

0 komentar

Posting Komentar